Click Me!
Click Me!

Cara Mengurangi Ketergantungan Terhadap Kopi

Anda termasuk dalam kategori kecanduan kopi jika tidak bisa memulai hari tanpa menyeruput secangkir kopi ataupu tidak dapat berkonsentrasi jika tidak minum kopi di sore hari.
Level dopamine, yaitu neurotransmitter yang berperan mengontrol mood dan emosi dapat ditingkatkan oleh kafein yang terkandung dalam kopi. Seseorang akan lebih berkonsentrasi dan berenergi usai minum kopi karena dopamine ini. 
Cara Mengurangi Ketergantungan Terhadap Kopi

Seorang asisten profesor gastroenterologi di Georgetown University Medical Center di Washington, Robynne Chutkan, MD, mengatakan bahwa kecuali Anda memiliki gangguan asam lambung atau gangguan kesehatan lain yang mengharuskan Anda untuk menghindarinya, maka tidak adalah yang salah dengan kopi.
Manfaat positif akan Anda dapatkan jika Anda mengkonsumsi kopi secara moderat. Namun, beberapa gangguan kesehatan seperti sakit kepala, tekanan darah tinggi, pusing, sakit kepala, insomnia, tremor hingga gangguan pada reproduksi pada wanita akan terjadi jika Anda mengkonsumsinya secara berlebihan.
Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengontrol kebiasaan menyeruput kopi, bagi Anda yang sudah terlanjur kecanduan : 
1. Melakukannya secara bertahap
Keri Gans, RD, juru bicara American Dietetic Association dan penulis The Small Change Diet mengatakan bahwa “jika sudah terlalu banyak minum kafein, Anda mungkin harus melepaskannya perlahan.”
Anda akan mengurangi gejala penarikan diri yang terlalu cepat serta memberi Anda waktu untuk beradaptasi untuk mengembangkan kebiasaan baru dengan cara ini. Gans mengatakan bahwa “kebiasaan baru tidak berkembang dalam semalam.”
2. Mencari minuman pengganti 
Gans memberi saran agar Anda mencari minuman lain yang kadar kafein rendah seperti teh, kopi non-kafein atau coklat dan minuman yang bebas kafein. Minuman jenis ini dapat menjadi pilihan terbaik selama masa peralihan untuk menghentikan kecanduan terhadap kopi meski masih mengandung kafein.
3. Perbanyak minum air putih
Sebagai bagian dari pembuangan racun dalam tubuh, perbanyak konsumsi air putih. Karena konsentrasi dan kesegaran terjaga tanpa pengaruh kafein, maka kondisi tubuh yang terhidrasi baik akan mempermudah menghentikan “kebutuhan” untuk minum kopi.
4. Melakukan aktivitas fisik
Cara ampuh untuk memerangi rasa mudah marah atau kelelahan ketika dalam proses menarik diri dari kopi adalah dengan melakukan aktivitas fisik seperti misalnya berolahraga. Gans mengatakan bahwa “olahraga mampu merangsang hormon endorfin yang memunculkan perasaan bahagia,” kata Gans.
5. Mengkonsumsi makanan sehat
Makanan sampah yang cenderung berkalori tinggi sebaiknya Anda menghindari untuk mengkonsumsinya. Makanan seperti itu akan menggagalkan niat Anda untuk mengakhiri candu terhadap kopi dan dalam jangka panjang, akan berakibat buruk bagi kesehatan.
Sebaiknya, Anda mengkonsumsi sayuran, buah-buahan dan biji-bijian yang kaya serat dan mengandung karbohidrat yang tinggi. Gans mengatakan bahwa “makanan adalah sumber energi, jadi pastikan mendapatkan jumlah yang memadai sehingga mencegah Anda menjadikan kopi sebagai pelarian mencari tambahan energi.”
6. Istirahat yang cukup
Dari data National Sleep Foundation, ditemukan bahwa kebanyakan orang Amerika cenderung menstimulasi kebutuhan energinya dengan kopi karena tidak mendapatkan tidur cukup yang berkualitas. Oleh karena itu, untuk menurunkan keinginan untuk minum kopi, biasakan untuk memiliki tidur yang cukup. Gans mengatakan bahwa “Anda perlu mencari energi dengan cara tidur nyenyak.”
7. Bermeditasi
Anda harus mencoba untuk mencari alternative lain untuk membuat Anda menjadi rileks jika salah satu manfaat secangkir kopi adalah membuat Anda merasa santai. Salah satu contoh hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan yoga. Bethany Thayer, RD, direktur program kesehatan di Henry Ford Health, Detroit mengatakan bahwa “satu jam yoga atau bahkan lima menit duduk tenang bisa membuat Anda relaks.”

Sumber: SegiEmpat
0 Komentar untuk "Cara Mengurangi Ketergantungan Terhadap Kopi"

Back To Top